Profesor Peneliti Porang Terjun Ke Jombok Pule, Ini Yang Dilakukan

PULE – Porang merupakan salah satu tanaman lokal asli Indonesia yang saat ini banyak dibudidayakan petani di berbagai daerah. Salah satunya di Desa Jombok, Kecamatan Pule, Kabupaten Trenggalek.

Potensi tanaman umbi-umbian bernama latin Amorphophallus muelleri di desa ini cukup dijanjikan. Panen raya porang di Desa Jombok juga telah dilakukan pada bulan Agustus 2021.

Peneliti porang Universitas Brawijaya berinisiasi memberikan pendampingan kepada masyarakat agar porang dapat diolah sedemikian rupa, sehingga menghasilkan nilai tambah ekonomi.

Melalui Program Dosen Berkarya UB, peneliti porang yaitu Prof. Dr. Ir. Simon Bambang WMApp.Sc. dan Ahmad Zaki Mubarok, Ph.D. terjun langsung ke Desa Jombok pada Minggu (14/11/21).

Dalam kegiatan tersebut mengusung tema “Pendampingan Pengembangan Industri Pengolahan Pangan Berbasis Porang di Desa Jombok, Kecamatan Pule, Kabupaten Trenggalek”.

Dosen UB terlebih dahulu memberikan pemaparan tentang porang secara umum. Lalu menjelaskan cara pembuatan berbagai produk berbahan baku porang, seperti bakso dan mie shirataki.

Masyarakat desa yang didominasi oleh ibu-ibu ini juga langsung mempraktekkan pembuatan produk-produk tersebut. Masyarakat begitu antusias mengikuti kegiatan yang diinisiasi dosen Universitas Brawijaya ini.

Dalam pelaksanaan Program Dosen Berkarya, UB juga bersinergi dengan BUMDes setempat yang berperan mengakomodir keinginan anggota dan menjadi jembatan komunikasi dengan para akademisi UB.

Diharapkan masyarakat Desa Jombok dapat mengembangan produk turunan porang untuk meningkatkan ekonomi dan menjadikan Desa Jombok sebagai sentra industri porang.

Previous Post

No more post

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.